Telp.: (0542) 421481   Email: dkk_bppn@balikpapan.go.id

Responsive image
PENGUMUMAN DKK BALIKPAPAN
  • Inovasi Gempita Mobile Raih Juara 2 Sinopadik 2023 JIK
  • Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke-59. "TRANSFORMASI KESEHATAN UNTUK INDONESIA MAJU
  • Cegah Diabetes, Dinkes Balikpapan Luncurkan Inovasi dan Website ‘Behimat Gula’
  • Pemkot Kota Balikpapan Me-Lounching SI-YANKES

Status Belum Dicabut, DKK Fokus Imunisasi DPT

25-Jun-2018

BALIKPAPAN -  Bulan ke enam pasca ditetapkannya status Kejadian Luar Biasa (KLB)di Kota Balikpapan. Hingga kini status tersebut belum dicabut oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan.   

Status belum dicabut karena DKK masih dalam penyelesaian program imunisasi Difteri Pertusis dan Tetanus (DPT). Kasus difteri ini, sesuai data DKK Balikpapan belum dapat dicabut dengan total 8 kasus dan tiga diantaranya merupakan positif kultur.   

Kepala DKK Balikpapan, drg Balerina mengatakan, alasan belum dicabutnya status KLB adalah karena DKK masih fokus pada program imunisasi DPT yang untuk balita, anak-anak, hingga remaja.   

"Kami masih fokus pada imunisasi DPT, jad belum bisa dicabut. Proses imunisasi DPT ini dilaksanakan Mash sampai akhir Juni 2018," terangnya.   

Ia melanjutkan, status KLB difteri  baru bisa dicabut jika mulai akhir Juni sampai Juli nanti Balikpapan sudah nihil kasus difteri. "Kalau sudah tidak ditemukan lagi sampai Juli nanti, baru bisa dicabut statusnya," katanya.   

Balerina mengatakan, tidak mudah menghapuskan status KLB difteri. Pasalnya harus dipastikan dulu termasuk melalui penyelsaian Outbreak Response Imminization (ORI)  oleh DKK.   

"Tidak mudah menghapuskan status KLB begitu saja meskipun sebelumnya sempat ditargetkan pencabutan status dalam kurun waktu enam bulan pasca ditetapkan," tandansya.KLB belum dapat dicabut sampai pihaknya benar-benar memastikan kasus penyakit Difteri tak ada lagi di Kota Balikpapan.   

Status KLB difteri Kota Balikpapan ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Balikpapan kepada warganya, setelah ditemukan satu warga usia 15 tahun di Kelurahan Margasari, Balikpapan Barat, yang positif Difteri. PROKAL.CO(cha/rus)

Polling

Bagaimana pendapat Anda tentang pelayanan kesehatan di Puskesmas?

  Bagus
  Cukup
  Buruk

 

 

Buku Tamu


Buku Tamu | Kirim Pesan

Pesan terbaru
Melamar

Pengirim: RIYANTO HASAN
Email: *****@gmail.com
ada penerimaan pegawai non pns untuk formasi SKM kah?...